BuanaDara

Me and you VS the world

Teh dan Cerita

Di Jepang, teh menjadi sebuah filosofi. Rusia melihatnya sebagai kekuatan, sementara bangsa aristokrat di Inggris menjadikannya sebagai ritual bergengsi setiap pukul 5 sore. Nah, bagaimana dengan Indonesia? Bisa dibilang, Teh adalah minuman nasional. Meski kultur soda dan wine terlihat mendominasi ajang sosial masi kini. Sehingga teh menjadi minuman yang kurang berkelas, sederhana, mudah dibuat, apalagi disajikan dengan sebuah botol guna melepas dahaga.

Sesungguhnya ada sebuah cerita yang terkandung di dalamnya..
Alkisah, Jendral Li Zi Cheng baru saja merebut tahta kekuasaan dinasti Ming dan membawa lari Chen Yuan, selir cantik Jendral Wu San Gui. Karena marah dan cemburu, Jendara Wu menyerang dinasti Ming dan menyebabkan kehancuran atas kerajaan itu. Chen Yuan merasa menjadi akibat dari semua itu hingga memutuskan untuk menjadi rahib dan meninggalkan duniawi. Pada malam terakhirnya sebagai seorang selir, Chen Yuan mengadakan jamuan perpisahan dengan memilih jenis teh terbaik untuk dipersembahkan pada roh raja sebagai penghormatan.

Tak banyak yang tahu kalau teh juga seperti anggur, yang bisa dikenali kualitas dan rasanya melalui aroma. Teh juga menyimpan banyak sejarah. Bukan hanya di dinasti Ming, tapi mungkin saja di keluarga, di kehidupan kita.
Sampai sekarang aku masih suka menikmati secangkir teh sembari sedang ngobrol duduk-duduk santai, menonton TV, atau membaca buku. Dan aku juga ingat dulu di rumah, aku sering memperhatkan ibuku setiap malam, atau sore hari setelah ayah selesai bekerja ia selalu menyeduhkan secangkir teh hangat untuk ayah ditemani sepotong roti atau kue. Keanggunan, kesetiaan, dan perhatian yang terselip di dalam secangkir teh. Dan sore ini aku kembali menyeduh secangkir teh jasmine hangat, mereguknya..disertai iringan musik yang teralun lembut di telinga. Satu gelas teh untuk mencuri sedikit relaksasi, sambil terus berpikir mencari jawab atas tanya. Hmmm entah berapa banyak keputusan penting yang diambil sembari menikmati secangkir teh hangat? Teh bukanlah sekedar minuman biasa, karena ada sebuah cerita yang terkandung di dalamnya.

Iklan

Single Post Navigation

51 thoughts on “Teh dan Cerita

  1. tidak hanya di cina atau srilanka, di indonesia pun kita punya teh berkwalitet oke punya! šŸ˜€

  2. aku selalu minum teh sehari dua kali, pagi dan sore šŸ™‚

  3. kalo teh, khususnya teh basi, di indonesia dikenal sebagai ramuan untuk memperbesar alat kelamin laki-laik.. :mrgreen:

  4. es teh ada minuman wajib saat saya marung..
    btw, komentar det lols

  5. i like tea, but love coffee šŸ™‚

  6. …Teh bukanlah sekedar minuman biasa, karena ada sebuah cerita yang terkandung di dalamnya…

    boleh jadi benar seperti uraian dalam tulisan di atas.
    tapi buat saya, kopi susu ajalah….

  7. yg jelas teh diseduh aromanya lbh sedap drpd teh celup šŸ˜€

  8. ada kandungan yang sangat bagus buat tubuh kita pada teh..
    ah diriku lupa, padahal zat itu pernah jadi soal ketika dulu ujian…

  9. saya sebagai orang sunda lebih suka teteh sarah, teteh dina, dan teteh2 yang lain dibandingkan teh melati.

  10. Artikel-artikel di blog ini bagus-bagus. Coba lebih dipopulerkan lagi di Lintasberita.com akan lebih berguna buat pembaca di seluruh tanah air. Dan kami juga telah memiliki plugin untuk WordPress dengan installasi mudah.
    Kami berharap bisa meningkatkan kerjasama dengan memasangkan WIDGET Lintas Berita di website Anda sehingga akan lebih mudah mempopulerkan artikel Anda untuk seluruh pembaca di seluruh nusantara dan menambah incoming traffic di website Anda. Salam!

  11. jadi, kapan kita minum teh, Sar? di wetiga, ya šŸ˜€

  12. Aku juga minum teh, eh tapi katanya terlalu banyak minum teh kemasan itu gak baik loh, makanya aku lebih suka teh seduh, atau pake daun teh itu, lebih nikmat

  13. Ibu saya memanfaatkan teh tubruk yang sudah basi untuk menyiram tanaman hias terutama suplir, katanya supaya daunnya menjadi besar2 dan terlihat sehat indah. Lalu sering juga melihat ibu saya membasuh wajahnya dengan teh basi itu, katanya lagi untuk membuat kulit muka bersih, segar dengan alami. Bisa dicoba….

  14. aQ juga suka minum teh, apalgi sambil ngumpul, nonton ataupun bc buku… cantik dgn teh yuk..hehe

  15. i’ll stick to my black coffee..

  16. Buana Dara ???
    Org Asyik, m`mpnyai wa2san yang luas.
    Aq ank palembang tidak sengaja buka u blog.
    Mau donk jd tman lo Tuk Curhat Gitoe !!!
    Add atw Blz y k email q!!!
    Kunantikan Kdatanganmu
    ” datang ngk d jmput, pulng ngk tau alamatny “

  17. saya juga teh….enak ngeteh pagi-pagi…

  18. Aku suka teh poci slawi, kadang orang tuaku suka cemburu kalo aku beli teh itu, ketimbang teh dari kantornya..hahaha

  19. kalo ke jogja saya selalu beli teh tjatoet
    kalo ga salah itu namanya sihh..

    tehnya enak..

    tapi tiap daerah beda2 rasa tehnya.
    punya ke-khas-an masing2

    btw you looked great in pb08
    keep writing !!!

    cheers’

    Indah Sitepu

  20. Suka teh juga
    Minum teh tiap pagi
    Enyak (mmm)

  21. es teh manis selalu menemani begadang malam hari. gelas besar berisi teh manis, diletakkan di freezer, hingga 1/2 beku. dan sluurrpp … mantaf banget rasanya

  22. gak suka teh, lebih cinta kopi *dijambak*

  23. inih teh susu.. mauu.. tapi ga pake teh.. ga jelas ya ..iya sama kaya yang nulis comment inih

  24. teh itu pembangkit semangat…
    kaya kopi… tapi beda rute…

  25. teh itu susu, susu itu teh..kao di gabung menjadi teh susu???? siapa pernah nyoba teh di campur ama susu????

  26. Teh juga banyak manfaatnya, seperti kalo buang-buang air minumla teh pahit… pasti mak nyusss….

  27. jadi inget seorang pakar teh Mas Bambang “lare solo”.

    teh nasgitel (panas legi kentel) dengan ras sedikit sepet menjadi favoritku. syangnya di jkarta susah nemuin racikan teh demikian. adanya cuma “air teh”. pun teh celup, saya kurang suka. lebih suka yang diambil dari daun dan batang teh kering yang diseduh air mendidih..

    konon teh-teh kualitas terbaik kita justru diekspor ke jepang dan cina. sedangkan teh “terbaik” untuk kita adalah teh-teh kualitet nomor 2 yg lebih banyak batang daun daripada daunnya.

    kandungan polifenol tertinggi terdapat pada teh hijau (teh tanpa proses fermentasi), kemudian teh oolong (teh setengah fermentasi) dan yg paling rendah ada di teh hitam / merah (teh full feermentasi) yang biasa kita konsumsi.

    Camelia sinesis.. sebuah nama yang cantik untuk teh..

    aku cenderung memilih teh daripada kopi.. šŸ˜€

  28. di sebuah warung di kaki gunung semeru ada teh yang nikmat, teh beraroma vanilla, namanya teh naga

  29. Ngeteh pagi-pagi buta gini nikmat kali ya …

  30. salam kenal.. baru pertama baca blogsnya.. kesan pertama : cerita ringan yang dipadukan dengan cita rasa seni yang bagus, hasilnya adalah blog yang elegan.

    -singgah ke sini gara2 Arul, temenku pamer foto sma temen2 blogsnya di milis angkatan kami. elektro ITS 2003-

  31. minum teh pagi emank asiikk šŸ™‚

  32. “Teh bukanlah sekedar minuman biasa, karena ada sebuah cerita yang terkandung di dalamnya.”
    betul sekali, saya suka last quote ini. šŸ˜€

  33. suka teh, apalagi klo bini yang bikinin hahahaha

  34. This body is just fractional fellow the giant verdammt of my brain on said:

    waaaa… minum es teh ma teteh mau ga teh..?

  35. Teh…ya itu … teh…

    Cikal bakal komunitas blogger madiun berawal dari nge-teh bersama di depan stasiun madiun…

    Hehehehe…

  36. nge eth yuks… šŸ˜›

  37. Ini blognya artis ya? Hmm, siapakah gerangan? Kok saya ga hafal ya.. šŸ™‚

  38. teh itu nikmat, apalagi diminum setelah puasa… šŸ˜›

  39. deordinaryone on said:

    Lebih enak waktu di pagi hari, bangun tidur langsung nge-teh šŸ˜‰

  40. saya suka teh
    teh susu
    he,hhe

  41. teh yang beredar di indonesia kebanyakan kualitas rendah… yang kualitas bagusnya, ya di ekspor… hehe

  42. bener, teh itu sangat populer di indonesia. Cuman ada sedikit minuman yg mendominasi pesanan pelanggan di warung2x atau rumah makan : es teh (manis/pahit, termasuk hangat) dan es jeruk (or jeruk hangat)

    :mrgreen:

  43. Salah satu teh terenak yang pernah kunikmati itu di tempat penjual bakmi jawa di pasar Jejeran, Imogiri Timur. šŸ˜›

  44. Sayang-nya saya bukan penikmat teh, tapi Kopi,
    Lebih spesisfik lagi Kopi hitam,
    Lebih Spesifik lagi Kopi Hitam Robusta
    Lebih spesifik lagi Kopi Hitam Robusta dari Bondowoso
    Lebih spesifik lagi Kopi Hitam Robusta dari Bondowoso dengan di disangrai secara traditional diatas wajan tanah kemudian di tumbuk dengan tangan sehingga ada gumpalan2 kopi yang masih tersisa dan meninggalkan kesan gigitan kopi di mulut yang hmmm…….. Mamamia lol

  45. wah bisa dibikin buku kaya punya dee donk..filosofi teh judulnya hehehehe

    salam kenal ya

    dunianyawira

  46. Wah saya jadi pengen nge-teh. trims diingatkan.hehe.sala kanl

  47. I don’t drink coffe I take tea my dear.. šŸ™‚
    *Sting – Englishman In New York*

  48. banyak sekali sejarah dari teh… teh sendiri juga banyak aroma nya, kalau km tinggal di daerah china km bisa temuin berbagai macam….^^.. asyik lho..

    minum cokelat juga enk lho…

  49. setiap pagi aku selalu minum teh

  50. teh kampul (teh dengan campuran irisan jeruk tetapi tidak diperas kayak lemon tea lo) salah satu minuman khas solo … biasanya di jual di wedangan atau di solo dikenal dengan hik..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: